DONOR DARAH SEASON 2: BUKTI CINTA UNTUK SESAMA


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarajatuh....
Inter Arma Caritas...!!!!!
Rabu, 11 Mei 2011 lalu, kami dari Anggota Korp Suka Rela (KSR) Unit STAIN Parepare, telah mengadakan kegiatan DONOR DARAH yang merupakan salah satu dari program kerja organisasi kami. Kegiatan ini diadakan tiap 3 bula sekali (sesuai dengan syarat donor darah tentunya..!!!). Hal ini berlangsung di kepengurusan KSR sebelum-sebelumnya. Namun ada yang SESUATU YANG BEDA pada kegiatan DONOR DARAH di awal kepengurusan KSR Tahun 2011 ini. Apa yaaa...????



Saudaraku, ingat tidak, 1 bulan lebih sebelumnya, tepatnya tanggal 6 April 2011, KSR Unit STAIN Parepare juga mengadakan kegiatan DONOR DRAH loohh...!!!Lah, kan tadi katanya syarat untuk donor darah itu 3 bulan sekali..??? Yapp, memang benar, dan disinilah letak BEDAnya. Di masa kepengurusan Kanda Sukri ini (Ketua KSR sekarang), telah diprogramkan bahwa “Kegiatan Donor Darah Harus Dilakukan 2 Kali dalam 3 Bulan.” Lah, kok bisa gitu? Apa tidak bahaya tuh bagi para p endonor..?? He..he..he..,sama sekali tidak lah. Kami memprogramkan ini bukan tanpa pertimbangan juga loh. Mengapa kami melakukan hal ini karena belajar dari kegiatan donor darah sebelum-sebelumnya. Karena kegiatan donor darah hanya berlangsung dari puluk 08.00 – 12.00 WITA, ternyata setelah jam 12 pun, masih banyak loh para calon pendonor yang berdatangan ke lokasi donor. Tapi karena darah sudah tidak segar lagi jika melewati jam 12 siang, jadi petugas Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Parepare mencukupkan pelayanan donor darahnya, terpaksa deh saudara-saudara calon pendonor yang telah berniat untuk menolong sesama dengan donor darah, kami tidak layani. Karena kami tidak ingin menghalangi niat baik saudara-saudara calon pendonor, maka kami BUKA KESEMPATAN DONOR DARAH SEASON 2 ini (11 Mei 2011) bagi mereka yang belum donor pada donor sebelumnya.
Pada donor darah 6 April sebelumnya (Donor Darah Season 1), tercatat 64 orang pendonor yang tergabung dari kalangan mahasiswa, dosen, pegawai di STAIN Parepare. Dan alhamdulillah, meski anggota KSR sempat merasa khawatir kalau-kalau jumlah pendonor akan sedikit (kurang dari 30 orang, karena standar dari UTDC Parepare adalah harus di atas 30 orang), pada Donor Darah Season 2 Rabu, 11 Mei 2011 kemarin, telah tercatat 51 orang pendonor. Butuh perjuangan extra bagi kami untuk mencatat jumlah 51 ini. Sosialisasi donor darah season 2 pun digencarkan ke segala penjuru. Undangan partisipasi pun diluncurkan ke semua ormawa, dosen-dosen, pegaiwai perpustakaan, pegaiwai akademi di lingkungan STAIN Parepare. Walhasil, para undangan partisipan pun berbondong-bondong datang.
Para pendonor season 2 kemarin, banyak yang baru pertama kalinya melakukan donor darah. Banyak diantaramereka yang merasa takut tapi tetap memberanikan diri juga karena katanya mau coba bagaimana rasanya donor darah itu. Keberanian mereka perlu diacungkan jempol tuh..!! Ada juga pendonor yang tangannya kedinginan karena deg degan saat didonor, tapi ternyata sebelum meniggalkan lokasi donor darah, beliau titip pesan ke panitia donor darah, “Infokan ke saya yaa kalu ada kegiatan donor darah lagi..!!!” Wah, mereka ketagihan deh.. Tapi, ada juga beberapa calon pendonor yang terpakasa mengurungkan niat untuk ikut berpartisipasi karena tidak memenuhi persyaratan sebagai pendonor, misalnya tekanan darah yang abnormal, berat badan tidak mencukupi 45 kg, sedang menstruasi, dan lainnya.
Dan sebagai akhir dari tulisan ini, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi. Semoga Allah membalas kebaikan Anda sekalian. Dan semoga Allah tetap memberi rahmat kesehatan kepada Para Pendonor Terhormat agar supaya pada kegiatan donor darah selanjutnya, Anda masih dapat ikut berpartisipasi karena DONOR DARAH YANG MENYEHATKAN ADALAH DONOR DARAH YANG DILAKUKAN RUTIN TIAP 3 ATAU MINIMAL 2,5 SEKALI. Kepada para calon pendonor yang tidak memenuhi syarat untuk mendonor, tolong jaga kesehatan Anda dan kami juga do’akan semoga pada donor darah selanjutnya, Anda tidak berhalangan lagi untuk donor darah. Amin...
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...


diposting Oleh :
Amelia Wahid (Angkatan VII Tahun 2010)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Lanjutkan Bro..................

Unknown mengatakan...

Satu tetes dara bisa menyelamatkan nyawa orang lain atas izin Allah......

Firman Usman mengatakan...

Lanjutkan misi kemanusiaan kapan dan dimanapun...!!!

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top